Affection
Charlie Tom

12 PESEPAKBOLA MODERN YANG MEMILIKI KEMAMPUAN DRIBBLE TERBAIK DI DUNIA

Best-Modern-Dribble No Comment

Seni dribbling adalah salah satu faktor yang menuntut keterampilan yang tinggi, belum lagi konsentrasi. Dalam sepakbola modern saat ini, pesepakbola membutuhkan tingkat tertentu untuk melakukan teknik seperti Panache atau Rabona. Dribbler dianggap sebagai kunci bagi tim manapun yang memiliki bakat alami untuk membuka bahkan menusuk pertahanan lawan. Dan inilah 12 pesepakbola yang memiliki kemampuan dribble terbaik di dunia, diantaranya adalah :

1. Cristiano Ronaldo

Ronaldo pertama kali mengasah keterampilan dribblenya di Sporting Lisbon sebelum pindah ke Manchester United. Saat berseragam MU, Ronaldo berada didalam pengawasan Sir Alex Ferguson sehingga kemampuannya semakin berkembang. Setelah pindah ke Real Madrid senilai £ 80 juta, kemampuannya semakin meningkat drastis terutama dalam hal dribbling.

Setelah mendapat penghargaan Ballon d’Or pada 2013, Ronaldo siap untuk memecahkan rekor gol terbanyak yang dibukukan oleh striker legenda Madrid, Raul Gonzales. Selanjutnya, rekor tersebut akhirnya berhasil dilampaui oleh Ronaldo.

2. Lionel Messi

Pada usia 27 tahun, Messi sudah mendapat sejumlah penghargaan seperti Ballon d’Or sebanyak 4 kali dan 2 gelar Liga Champions dan lain-lain. Saat Messi menggiring bola, bisa kita lihat sendiri seolah-olah bola tersebut melekat di kakinya. Tubuhnya yang pendek dan ringan memungkinkan dirinya untuk menggiring bola dengan santai.

Messi telah mencetak banyak rekor terbaik selama di Camp Nou. Ia berhasil menjadi pencetak gol terbanyak di Barcelona pada Maret 2012 setelah melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Cesar Rodriguez yang membukukan 232 gol.

3. Ronaldinho

Mantan bintang Brazil ini telah berhasil menyihir banyak mata di seluruh dunia selama bertahun-tahun berkat keterampilannya yang sangat memukau. Ronaldinho dibesarkan di Porto Alegre, Brazil dan berasal dari keluarga yang menggemari olahraga sepakbola.

Masa keemasannya datang kala dirinya membela Barcelona dan memenangkan banyak penghargaan yang berbeda seperti FIFA World Player of The Year dan Ballon d’Or pada tahun 2005. Dia adalah salah seorang tokoh yang berhasil menjuarai Piala Dunia 2002 saat Brazil mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

4. Zinedine Zidane

Sang inovator, sang pencipta dan sang seniman dialah sosok Zinedine Zidane. Zidane adalah salah satu pemain sepakbola yang langka. “Zizou” terlihat membuat permainan menjadi begitu mudah dan memenangkan banyak penghargaan bagi klub dan timnasnya.

Ia pernah membantu Juventus merajai Serie A dan saat dirinya berseragam Real Madrid, Zidane berkolaborasi dengan baik bersama David Beckham dan Ronaldo. Ia menyumbangkan 2 gol untuk Perancis saat mereka menjadi jawara dalam ajang Piala Dunia tahun 1998.

5. Manuel Neuer

Tidak banyak yang mengetahui jika kiper Bayern Munchen dan timnas Jerman ini memiliki kemampuan dribble yang sangat baik. Dengan tinggi 193 cm membuatnya menjadi kiper yang tangguh di bawah mistar gawang. Banyak yang sependapat jikalau dirinya merupakan penerus kiper legendaris timnas Jerman dan klub Bayern Muncher terdahulu, Oliver Khan.

6. Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp adalah ‘jimat’ bagi timnas Belanda. Mantan gelandang Inter Milan dan Arsenal ini merupakan karakter penting dalam cerita rakyat di Emirates, ia adalah salah satu pemain terbaik Arsenal sepanjang masa. Bergkamp acap kali dikenal sebagai Flying Dutchman yang pertama kali memulai karirnya di Ajax dan pindah ke Arsenal pada tahun 1995. Selama berseragam Arsenal, Bergkamp membukukan 37 gol dalam 79 pertandingan sedangkan untuk timnas Belanda, ia melesakkan 6 gol dalam ajang Piala Dunia.

7. Michael Owen

Dengan kecepatan yang luar biasa di jamannya, mantan striker Liverpool, Newcastle dan Real Madrid yaitu Michael Owen sukses menaklukkan dunia sepakbola di kakinya. Pada tahun 1990-an, Owen begitu dikenal dunia karena memiliki kemampuan yang ciamik, terutama dalam ajang Piala Dunia tahun 1998.

Popularitas Owen meroket setelah dirinya berhasil menumbangkan Argentina di sistem gugur. Saat itu, ia membela timnas Inggris kala berusia 18 tahun dan kemudian menggiring bola sambil melewati beberapa pemain belakang Argentina lalu mencetak gol yang indah.

8. Franck Ribery

Gelandang Bayern Munchen dan timnas Perancis, Franck Ribery adalah pesepakbola yang lahir untuk menggiring bola. Ia lahir pada bulan April 1983 dan memiliki awal karir sepakbola yang tidak mencolok. Ia pernah bergabung dengan klub sepakbola Boulogne, Ales dan Metz. Saat dirinya memutuskan untuk pindah ke daerah Perancis Selatan, kemampuan dribblingnya menjadi pusat perhatian. Ia akhirnya direkrut oleh Marseille dan beberapa tahun kemudian ia pun hijrah ke raksasa Jerman, Bayern Munchen senilai 30 juta Euro.

9. Ryan Giggs

Ia kerap dikenal dengan julukan Welsh Wizard, Ryan Giggs telah berhasil menjelma menjadi salah satu dribblers terbaik di dunia. Ia telah menghabiskan waktu 23 musim secara luar biasa bersama Manchester United sebelum memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2014. Sebagai gelandang, Giggs adalah pesepakbola yang multi-talenta dan bisa mengisi posisi manapun (kecuali kiper dan bek).

Saat Setan Merah masih diasuh oleh Sir Alex Ferguson, Giggs begitu terkenal karena memiliki kecepatan yang sangat luar biasa dan dapat meliuk melewati beberapa lawan. Giggs dianggap sebagai pemain yang paling berjasa dalam sejarah sepakbola Inggris. Selama membela Manchester United, Giggs telah menyumbangkan 13 trophi Liga Premier, 4 gelar Piala FA, 3 gelar Piala Liga dan 2 gelar Liga Champions.

10. Diego Maradona

Maradona dikenal sebagai salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa. Ia memiliki kemampuan mengolah bola yang tak kenal batas sehingga ia dapat dengan mudah melewati beberapa bek.Karirnya meroket saat dirinya membela klub Barcelona dan Napoli serta namanya masih dihormati sampai pada hari ini.

Ia adalah tokoh yang penuh kontroversional selain dikenal menciptakan gol ‘Tangan Tuhan’ saat melawan Inggris di ajang Piala Dunia 1986, ia pernah kedapatan memakai doping serta memiliki masalah obesitas.

11. Pele

Salah satu wajah yang paling ikonik di dunia sepakbola hingga saat ini, tidak ada keraguan dalam benak siapapun atas kontribusi Pele selama berkarir di olahraga sepakbola. Pemain yang berhasil membawa Brazil menjuarai ajang Piala Dunia sebanyak 3 kali ini telah membukukan lebih dari 1.200 gol dalam karirnya dan memenangkan Piala Dunia saat usianya baru menginjak 17 tahun.

Setelah menghabiskan sebagian besar waktunya bermain di klub Brazil, Santos, ia pun pindah ke Amerika Utara dan bergabung dengan klub New York Cosmos. Saat ini, Pele atau Edison Arantes do Nascimento adalah duta global untuk olahraga.

12. Steve Mcmanaman

Steve McManaman menikmati masa keemasannya saat membela Liverpool diantara tahun 1990 hingga 1999. Saat berseragam Liverpool, ia bermain bersama beberapa legenda terkenal The Reds seperti Ian Rush dan John Bares sebelum memutuskan untuk pindah ke Spanyol. Winger kanan ini dikenal tidak hanya pada kecepatannya saja, tetapi ia mampu berpikir kreatif dan mempunyai naluri gol yang sangat baik. Setelah pindah ke Real Madrid, ia membantu Los Blancos untuk memenangkan Liga Champions dimana dirinya berhasil mencetak gol atas rival Spanyol, Valencia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *