Affection
Charlie Tom

Pentingnya Investasi Tematik

How Does It Learn No Comment

Investasi dalam aset yang berkualitas selama jangka waktu yang panjang telah terbukti menjadi metode yang sangat baik untuk menciptakan kekayaan.

Salah satu pelajaran yang paling penting yang saya pelajari dalam lebih dari satu dekate di pasar adalah para investor yang sukses selalu memiliki horizon jangka panjang. Setiap investor akan mendapatkan hal-hal yang salah di beberapa titik didalam siklusnya. Ini adalah bagian dari kehidupan dan kita tidak bisa selalu sempurna ataupun benar. Namun, ada 2 hal yang didapatkan oleh investor agar keluar dari masalah yaitu kualitas dan waktu. Berinvestasi di aset yang berkualitas selama jangka waktu yang panjang telah terbukti menjadi metode yang sangat baik dan menciptakan kekayaan selama beberapa abad terakhir.

Kita ambil beberapa contoh yang praktis. Publikasi online, The Real Deal menerbitkan sebuah catatan menarik pada tanggal 15 Mei 2015 tentang Don Bren yang dianggap sebagai salah satu investor properti paling sukses di Amerika Serikat. Investor ini berbasis di California yang merupakan pemilik sebagian besar MetLife Building di Manhattan bernilai US$ 15,2 miliar sehingga membuatnya menjadi investor properti terkaya di negeri ini – menurut Forbes. Perusahaannya, Irvine Co memiliki 500 kantor properti, 50.000 apartemen dan lebih dari 40 unit pusat perbelanjaan.

Bren adalah contoh yang sempurna dari seorang investor yang melihat kesempatan dalam runtuhnya pasar pada tahun 1970-an untuk membeli aset berkualitas dalam waktu jangka panjang. Pada tahun 1977, Bren dan mitra investasinya mulai membeli saham dari Irvine Co – mantan perternakan ternak – yang ternyata adalah pengembang aktif di wilayah Orange County. Bren memulainya dengan saham 35% dan dipersenjatai dengan pinjaman sebesar US$ 560 juta, menghabiskan beberapa tahun ke depan membeli mitranya untuk menjadi pemilik perusahaan yang sah pada tahun 1996. Di sepanjang jalan, ia harus memaksakan keluar – cucu dari pendiri Irvine Co – James Irvine, menurut Bisnow.

  • Mengambil sikap

Ketika Bren membeli saham Irvine pada tahun 1977, sentimen di ruang properti itu berada dibawah batu. Banyak apartemen di Manhattan yang sedang diberikan karena biaya pemeliharaan bulanannya. Hari ini, beberapa dari mereka telah berinvestasi dengan tepat dan tumbuh 1.000 kali lipat. Bren adalah seorang investor tematik – ia memiliki keyakinan pada tren jangka panjang, pertumbuhan penduduk dan siklus kredit – cukup berani untuk mengikuti instingnya dalam mengambil alih Irvine Co pada saat harga sahamnya berada dalam siklus rendah.

Bren adalah salah satu contoh dari sekian banyak investor tematik yang sukses di pasar. Ada banyak orang lain juga yang telah menciptakan banyak kekayaan melalui pemikiran dan dukungan atas nama kualitas jangka panjang. Ada juga investor yang tak terhitung jumlahnya yang telah kehilangan uangnya pada tema investasi luas yang tak berhasil. Kita semua tahu bahwa banyak perusahaan yang menjanjikan dunia di bidang bio-teknologi, online, pertambangan atau energi dan menghancurkan sejumlah besar nilai bagi para pemegang saham.

  • Diversifikasi adalah kunci penting

Jadi, investasi jangka panjang pada tema yang luas tidaklah cukup. Investor perlu memastikan bahwa investasi mesreka memiliki keragaman. Beberapa tema bisa dikatakan bekerja, dan yang lainnya tidak. Kita hidup di dunia yang rapuh dan bumi pertiwi beradaptasi untuk berubah. Black Swans terjadi (silahkan cek istilah ini di Google jika anda belum mendengar hal ini sebelumnya dalam konteks investasi). Dengan memiliki keranjang diversifikasi ekposur dapat membantu mendapatkan para investor keluar dari kesulitan dalam jangka panjang dan memberi mereka kemampuan untuk memiliki horizon jangka panjang, yang penting untuk sukses dalam investasi tematik.

  • Platform portofolio Invast untuk para investor

Saya sangat bangga kepada Invast yang telah meluncurkan platform untuk didedikasikan kepada investasi tematik. Saat ini, mereka telah memiliki sekitar 30 tema investasi yang dapat dipilih oleh para investor. Setiap temanya secara seksama diukur dan dianalisa oleh komite investasi dan cukup beragam untuk memastikan bahwa salah satu saham tunggalnya tidak dapat memiliki dampak besar pada kinerja secara keseluruhan. Sebuah tema portofolio lebih lanjut memastikan bahwa paparan saham tunggal diminimalkan. Saya mengambil visi investasi Don Bren dan menambahkan teknologi baru untuk memastikan abhwa investor individu dapat mengambil keuntungan dari perubahan investasi yang besar. Bren cukup beruntung untuk memiliki pinjaman US$ 500 juta guna membeli Irvine Co. Banyak orang yang tidak memiliki kesempatan itu, tetapi teknologi membantu kita membawa konsep investasi tematik dan diversifikasi ke pasar investor individu.

Apakah anda sudah mendapatkan garis besar dari pentingnya investasi tematik saat ini? Apakah anda ingin menjadi Don Bren berikutnya? Belajarlah dari para investor yang sukses jika anda juga ingin mengikuti jejaknya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *